Pengertian
Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis, serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.
Tujuan atan Manfaat
Manfaat utama AKBI adalah menyediakan salah satu informasi yang diperlukan manajemen dalam mengelola perusahaan yaitu informasi biaya yang bermanfaat untuk
1. Perencanaan pengendalian biaya
2. Penentuan harga pokok produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan dengan tepat dan teliti
3. Pengambilan keputusan oleh manajemen
Oleh karena itu tugas dari akuntansi biaya, biasanya dilaksanakan oleh bagian akuntan, secara terperinci adalah sebagai berikut
1. Menyediakan data biaya yang diperlukan untuk perencanaan dan pengendalian kegiatan
2. Menyediakan data biaya untuk pengambilan keputusan sehari-hari atau proyek khusus yang memerlukan pemilihan alternatif yang harus diambil
3. Berpartisipasi dalam berkreasi dan menyusun anggaran
4. Menetapkan metode dan prosedur pengendalian dan perbaikan operasi serta program pengurangan biaya
5. Mengembangkan sistem dan analisa biaya dakam rangka penentuan harga pokok dan menganalisa penyimpangan dan pengendalian fisik
6. Menyusun laporan biaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar