Senin, 28 Maret 2011

GATRA

Pendekatan Asta Gatra
Pendekatan Asta Gatra yaitu sebuah pendekatan yang melihat kehidupan nasional sebagai sebuah sistem yang terdiri dari 8 (delapan) gatra yang saling mempengaruhi satu sama lain. Delapan gatra itu meliputi aspek alamiah (tri-gatra) dan aspek sosial (panca-gatra).
a. Aspek Alamiah (tri-gatra)
Aspek alamiah ketahanan nasional terdiri dari :
(1)Letak geografis negara
(2)Kekayaan alam
(3)Keadaan dan kemampuan penduduk
b. Aspek sosial (panca-gatra)
Aspek sosial ketahanan nasional terdiri dari :
(1) Ideologi
(2) Politik
(3) Ekonomi
(4) Sosial budaya
(5) Pertahanan dan keamanan
Sebagai insan berbudaya, manusia menjalin hubungan dengan tuhan dan alam sekitarnya dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya. Jalinan hubungan itu mewujud dalam berbagai aspek kehidupan, yaitu :
(1) Hubungan manusia dengan tuhan, mewujud dalam kehidupan beragama/kepercayaan.
(2) Hubungan manusia dengan cita-cita bersama, mewujud dalam kehidupan ideologi.
(3) Hubungan manusia dengan kekuasaan, mewujud dalam kehidupan politik
(4) Hubungan manusia dengan pemenuhan kebutuhan hidup, mewujud dalam kehidupan ekonomi.

aspek alamiah
kekayaan alam indonesia

Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga karena Indonesia memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan negara lain. Berikut ini 10 daftar rekor yang dimiliki oleh negara ini.
1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.

Indonesia
2. Indonesia memiliki 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu Pulau Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Pulau Sumatera (473.606 km2) dan Pulau Papua (421.981 km2)

Pulan Kecil
3. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar